Kamis, 06 Desember 2018

1.3. Sifat Perubahan Dalam Inovasi

SIFAT PERUBAHAN DALAM INOVASI

Sifat perubahan dalam inovasi ada 6, seperti yang telah dibahas sebelumnya yang dinamakan inovasi memiliki kategori antara lain ‘sesuatu’ yang baru atau orisinil, bisa berupa penemuan atau perubahan perbaikan, merupakan hasil dari kreatifitas, memberikan solusi dari suatu permasalahan dan memberikan nilai atau keuntungan. Berikut adalah 6 sifat perubahan yang terjadi dalam inovasi :

  1. Penggantian (Substitution)
    Dalam kelompok ini contohnya penghematab pengeluaran untuk bahan bakar, management membuat jadwal penjemputan karyawan setiap harinya sehingga dalam sekali jalan dapat membawa karyawan dengan bersamaan, serta penggantian mobil yang hemat bahan bakar dan menampung banyak penumpang.
  2. Pergiliran (Alternation)
    Dalam kelompok ini contohnya seorang pemimpin yang tadinya hanya bertugas mengawasi anak buah dan pekerjaan, dilatih kemampuannya untuk dapat memotivasi dan memberikan coaching kepada anak buahnya, diharapkan nantinya anak buah tersebut juga melakukan hal yang sama kepada bawahannya lagi.
  3. Penambahan (Addition)
    Dalam kelompok ini contohnya dibuatnya poin penilaian prestasi karyawan yang selama ini belum dinilai, yang memberikan nilai tambah bagi penilaian prestasi karyawan tersebut, tanpa mengganti atau mengubah cara-cara penilaian yang sudah berjalan. Contoh lain seperti dibentuknya team khusus untuk menjembatani antara management dan karyawan, yang anggotanya dari masing-masing pihak.
  4. Penyusunan Ulang (Restructuring)
    Dalam kelompok ini contohnya penyusunan dan penempatan sumber daya manusia yang dibutuhkan dalam suatu divisi sesuai dengan keahliannya dengan jumlah yang disesuaikan dengan bobot pekerjaan sehingga terbentuk efektifitas dan efisiensi.
  5. Penghapusan (Elimination)
    Dalam kelompok ini contohnya penghapusan acara-acara hura-hura pada gathering tahunan perusahaan diganti dengan soft skill training dan outbound yang mengasah attitude dan skill dari karyawan.|
  6. Penguatan (Reinforcement)
    Dalam kelompok ini contohnya adanya reward dan punishment bagi karyawan atau team untuk menegakkan dan menjalankan peraturan-peraturan atau dalam rangka membentuk budaya perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar