Minggu, 23 Juli 2017

3. Kebudayaan


Kebudayaan
  1. Kebudayaan adalah segala sesuatu yang dilakukan dan dihasilkan manusia, yang meliputi : Kebudayaan materiil (bersifat jasmaniah), yang meliputi benda-benda ciptaan manusia, misalnya kendaraan, alat rumah tangga, dan lain-lain. Kebudayaan non-materiil (bersifat rohaniah), yaitu semua hal yang tidak dapat dilihat dan diraba, misalnya agama, bahasa, ilmu pengetahuan, dan sebagainya.
  2. Kebudayaan itu tidak diwariskan secara generatif (biologis), melainkan hanya mungkin diperoleh dengan cara belajar.
  3. Kebudayaan diperoleh manusia sebagai anggota masyarakat. Tanpa masyarakat kemungkinannya sangat kecil untuk membentuk kebudayaan. Sebaliknya, tanpa kebudayaan tidak mungkin manusia (secara individual maupun kelompok) dapat mempertahankan kehidupannya. Jadi, kebudayaan adalah hampir semua tindakan manusia dalam kehidupan sehari-hari. 

Pandangan Tentang Kebudayaan Bangsa Timur
Orang - orang Timur memiliki ciri khas tersendiri dalam kebudayaan seperti halnya dalam keramah tamahan mereka lebih baik dari pada bangsa barat, orang timur juga sangat menjujung tinggi norma yang tumbuh di lingkungan mereka. Mereka selalu memberi senyum, salam sapa saat bertemu dengan orang lain berbeda dengan bangsa barat yang kebanyakan cuek dengan lingkungan sekitarnya. Bangsa lainpun sangat suka dengan keramah tamahan bangsa Timur, selain itu bangsa timur mereka tidak individualis dan saling tolong - menolong satu sama lain.

Contoh Kehidupan Tentang Kebudayaan Bangsa Timur
Salah satu kehidupan dalam bangsa timur yaitu tentang kesopanan atau tata krama, di daerah kita dalam menyapa atau bertegur pada orang yg lebih tua kita dengan cara membungkukkan badan atau kepala. Serta kepribadian tutur kata yang sangat lemah lembut dalam bangsa timur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar